CROWD VOICE - MOBILE FORUM DENGAN RASA SOCIAL BOOKMARKING

Bosan dengan sosial-media? Siapa sih yang tak kenal facebook, twitter? Semua bisa dicurahkan secara gamblang, curhat lebay, marah-marah, memaki sudah menjadi hal yang biasa di social-media, terutama facebook. Saya mulai merasakan bosan dengan social-media, yang saya maksud disini tentu saja facebook dan twitter. Namun, saya masih cukup terhibur karena saya punya blog dimana saya bisa menuliskan semua yang menjadi ide dan pemikiran, baik berupa curhat dan hal menarik lainnya, bagaimana dengan anda?. Disini Saya ingin mengenalkan anda dengan sebuah platform yang menyediakan layanan sebagai tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas online Bernama CrowdVoice atau CV (sebelumnya bernama TheCrowdVoice atau TCV

Awalnya, CrowdVoice seperti gabungan antara konsep jejaring sosial dengan model diskusi seperti forum internet. Penggunanya bisa berinteraksi dalam komunitas sesuai ketertarikannya masing-masing, tapi tidak ada konsep add atau follow teman.
Pada awal tahun 2015, nama TheCrowdVoice (TCV) diganti menjadi CrowdVoice (CV). Selain mengganti nama domain yang digunakan, juga terjadi pembaruan dari segi fitur, tampilan, serta antarmuka pengguna. Dalam perubahan ini, CrowdVoice mulai fokus dikembangkan sebagai sebuah platform komunitas online.
Sebelumnya, banyak yang sulit mengkategorikan apakah CrowdVoice termasuk ke dalam jenis Layanan jejaring sosial, forum internet, atau situs berita sosial. Dalam reviewnya, situs DailySocial bahkan sempat menyebut CrowdVoice sebagai 'Mobile Forum dengan Rasa Social Bookmarking.


Penasaran kan? Begini cara mainnya,

CARA MAIN

CrowdVoice adalah tempat berkumpulnya berbagai macam komunitas (disebut sarang). Untuk memaksimalkan kenikmatan bermain, kamu dianjurkan:
  • cari dan huni sarang yang sesuai dengan selera kamu
  • membuat post yang bisa dinikmati pengguna lain sesuai dengan aturan sarang bersangkutan.
  • sering ikut voting agar post bagus terdongkrak ke halaman depan
  • sering ikut comment untuk membuat obrolan lucu dan asik, atau informatif dan berbobot
  • sering share post berkualitas dari CrowdVoice ke teman-teman (misalkan, lewat Facebook dan Twitter)
Mari berkomunitas dengan sopan dan saling menghargai. Hindari tindakan provokatif.

SARANG


Sarang adalah tempat pertemuan user-user yang cocok antar sesama. Cocok dalam hal kegemaran maupun dalam hal kepribadian, budaya, dll.
Maka kamu dianjurkan untuk mencari dan menghuni sarang yang:
  • Topiknya kamu gemari.
  • Kebijakan dan budayanya membuatmu nyaman.
  • Aktif dan terjaga dengan baik.
Setelah menghuni sebuah sarang, post-post dari sarang tersebut akan muncul di teras (feed) kamu.
Sebuah sarang dipimpin oleh dedengkot-dedengkot sarang (ketua dan beberapa sesepuh).


POST


Di CrowdVoice, tujuan membuat post bukanlah untuk kepuasan pribadi, melainkan untuk kenikmatan pengguna lain.
  • Post yang umumnya diharapkan adalah yang informatif, lucu, atau memicu diskusi seru.
  • Saat membuat post, pikirkan dari sudut pandang penghuni sarangnya (pembacanya). Pilih sarang yang dirasa paling bisa menghargai post kamu.
  • Ingat untuk baca aturan posting. Setiap sarang punya aturan tersendiri.
Post yang tidak sesuai aturan sarang, beresiko mendapat petunjuk, dikembalikan, atau dihapus.
Jika post kamu dikembalikan, artinya diberi kesempatan untuk perbaiki. Jangan berkecil hati. Perbaiki dan ajukan lagi agar postnya muncul lagi dan bisa dinikmati oleh user lain.

VOTE


Kamu kudu ikutan nge-vote untuk menjaga kualitas komunitas kita.
  • Vote-up
    • Berilah vote-up ke post yang bagus (objektif ya) atau yang memicu diskusi seru.
    • Selain mendongkrak post bagus, vote-up juga memotivasi pembuat post.
  • Petunjuk
    • Untuk user biasa: Beri petunjuk agar DS (Dedengkot Sarang) tahu ada post yang tidak sesuai. Hanya DS yang bisa lihat petunjukmu.
    • Untuk DS: Sebagai DS, petunjukmu bisa dilihat semua user (pembuat post akan mendapat notif). Ini berguna sebagai alat edukasi. 
 KOMENTAR

Komentar adalah cara utama untuk bersosialisasi di CrowdVoice.
Di sini banyak pembaca pasif, maka itu sangat dianjurkan untuk membuat komentar yang bukan hanya ditujukan untuk orang-orang tertentu.
Walaupun punya kebijakan tersendiri, tapi pada umumnya setiap sarang mengacu pada pedoman berikut:
  • sopan dan saling menghargai
  • hindari komentar provokatif
  • tidak menyimpang dari topik post bersangkutan 

Selain bisa diakses melalui website, CrowdVoice juga bisa diakses melalui aplikasi untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android dan Blackberry. Seluruh fitur yang ada di website, juga tersedia di aplikasinya.

Sekian , Semoga bermanfaat :D

0 Response to CROWD VOICE - MOBILE FORUM DENGAN RASA SOCIAL BOOKMARKING

Posting Komentar